Sistematika PTK untuk LKG maupun Kenaikan Pangkat (Sebuah Alternatif)

Sistematika PTK untuk LKG maupun kenaikan Pangkat (sebuat Alternatif) ini diadaptasi dari Dr. Imron Rosidi, M.Pd dalam facebooknya (17 Agustus 2015). Adapun sistematikanya adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Mulailah dengan kondisi objektif kemampuan siswa dalam KD yang akan ditingkatkan, dilanjutkan dengan kondisi yang diharapkan sesuai dengan kurikulum, terlihat adanya perbedaan antara harapan dan kenyataan, tulis penyebabnya mulai dari metode, materi, media pembelajarannya, dan model pembelajaran yang digunakan. Pilih salah satu yang paling dominan penyebabnya untuk dijadikan tindakan dalam rangka meningkat KD tersebut, akhiri latar belakang dengan judul PTK yang Anda pilih.

B.  Rumusan Masalah

Rumusan masalah pada PTK bisa hanya satu, misalnya Bagaimanakah peningkatan kemampuan memahami sejarah bangsa melalui media Kuis Siswa kelas VII SMP X kota Y. Apabila peneliti ingin membuat dua rumusan, rumusan pertama bisa berbunyi Bagaimanakah proses pembelajaran ………. dengan media ………… siswa …….. dan rumusan kedua bagaimanakah peningkatan ………… dengan menggunakan ……. Siswa kelas ……

C.  Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini bisa ada, bisa tidak. Kalau ada, tujuan menjawab rumusan dengan kelompok kata Untuk mengetahui peningkatan ……….. melalui ……

D.  Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian diuraian menjadi tiga, misalnya manfaat bagi siswa, bagi guru, dan bagi lembaga

E.  Hipotesis Tindakan

Hipotesis tindakan bisa berbunyi PENGGUNAAN MEDIA ……… DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN ……. SISWA KELAS ………. SMA .
Atau
Jika pembelajaran ……. Menggunakan media …………, maka kemampuan ……………. Meningkat

F.  Definisi Operasional (bisa ada bisa tidak)

Definisi operasional berbeda dengan pengertian dalam kamus. Definisi operasional disesuaikan dengan penelitiannya. Misalnya Peningkatan Yang dimaksud peningkatan dalam penelitian ini adalah perubahan yang lebih baik dalam memahami kemampuan memahami pragraf siswa …….

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. (URAIAN BERKAITAN DENGAN MASALAH)
B. (URAIAN BERKAITAN DENGAN SOLUSI)
C. (URAIAN BERKAITAN DENGAN PENGARUH SOLUSI TERHADAP MASALAH)

BAB III METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian

Penelitian tentunya berjenis PTK dan dilanjutkan dengan alasan mengapa dikatakan sebuah PTK

B.  Latar dan Subjek Penelitian

Latar diisi dengan sekolah mana dan subjek penelitian adalah siswa kelas berapa, berapa jumlahnya, putra berapa dan putri berapa

C.  Perencanaan
D.  Pelaksanaan tindakan dan pengamatan
E.  Refleksi

Hasil refleksi ini digunakan sebagai pedoman pelaksanaan siklus berikutnya

F. Instrumen Pengumpulan Data
G. Teknik analisis data
H. Penyiapan partisipan

BAB IV HASIL PENELITIAN
A. Hasil Penelitian Siklus I

1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Pengamatan
4. Refleksi

B. Hasil Penelitian Siklus II)

1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Pengamatan
4. Refleksi
Dan selanjutnya sesuai dengan siklus yang ada

C. Pembahasan AntarSiklus
(dikaitkan dengan teori pada bab II)

BAB V PENUTUP
A. Kesimpuan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
surat izin penelitian
RPP sejumlah siklus
Instrumen penelitian
contoh hasil pekerjaan siswa
foto kegiatan pembelajaran

Sumber: https://www.facebook.com/imron.rosidi.330/posts/1202620689765158 diakses 19 Agustus 2015.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: