Pengertian PTK

Menurut Carr dan Kemis hakikat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam Kusumah Wijaya dan Dedi Dwitagama (2009:8) adalah suatu bentuk penelitian refleksi diri (Self reflective) yang dilakukan oleh para partisipan dalam situasi sosial untuk memperbaiki nasionalitas dan kebenaran yaitu: (a) praktik-praktik social atau pendidikan yang dilakukan sendiri, (b) pengertian mengenai praktik-praktik tersebut, (c) situasi-situasi dan praktik-praktik yang dilaksanakan.

Menurut Kusumah Wijaya dan Dedi Dwitagama (2009:9) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri dengan cara (1) merencanakan, (2) melaksanakan, dan (3) mereflesikan tindakan secara kolaboratif dan partisifatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Daftar Pustaka:

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: