Alasan Guru Takut Melakukan PTK

Dewasa ini banyak kita jumpai guru yang belum melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di dalam proses pembelajaran di Sekolah. Padahal banyak masalah yang timbul pada saat proses pembelajaran berlangsung yang dapat dijadikan tulisan dalam bentuk PTK. Masalah sangat kompleks, dan jawabannya ternyata ada pada diri guru itu sendiri. Belum banyak guru yang mengenal apa itu PTK. Kalaupun tahu, PTK masih dianggap sesuatu yang menakutkan. Mereka menganggap PTK itu sama dengan ketika mereka menulis skripsi. (Kusumah dan Dwitagama, 2009:1).

Menurut Kusumah dan Dwitagama (2009:2) dikemukakan ada 8 faktor yang menyebabkan guru belum melakukan PTK di dalam proses pembelajarannya di Sekolah. Faktor-faktor itu adalah sebagai berikut:

  1. Guru kurang memahami profesi guru
  2. Guru malas membaca
  3. Guru malas menulis
  4. Guru kurang sensitif terhadap waktu
  5. Guru terjebak ke dalam rutinitas kerja
  6. Guru kurang kreatif dan inovatif
  7. Guru malas meneliti
  8. Guru kurang memahami PTK.

Sebagai refleksi, Bagaimana cara mengatasi faktor-fakor penyebab guru belum melakukan PTK di dalam proses pembelajarannya di Sekolah? Apa manfaat melakukan PTK bagi guru?

Menurut saya, cara mengatasinya adalah melakukan kegiatan yang “membasmi” faktor-faktor tersebut. Maksud membasmi disini adalah kegiatan sebagai berikut:

  1. Guru harus memahami profesi guru.
  2. Guru harus rajin membaca.
  3. Guru harus rajin menulis.
  4. Guru harus lebih sensitif terhadap waktu dan menghargai waktu.
  5. Guru harus bisa mengatur dan tidak terjebak rutinitas kerja.
  6. Guru harus lebih kreatif dan inovatif.
  7. Guru harus terbiasa untuk meneliti di dalam kelasnya sendiri.
  8. Guru harus memahami dan banyak mempelajari PTK.

Kemudian apakah kita (calon guru dan guru) sudah siap untuk melakukan PTK? Jika sudah siap, mari melakukan PTK di kelas kita. Sehingga dari sini kita akan merasakan manfaat PTK untuk kelas kita sendiri dan kualitas kita akan semakin meningkat. Meningkatnya kualitas ini akan membuat kerja dalam PTK akan lebih mudah.

Sumber:

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: