Tips Menabung Untuk Anak


Anda sudah mempunyai anak? Atau saudara Anda sudah punya anak? Atau sepupu Anda punya anak? Jika iya, maka Anda diwajibkan menyiapkan Tips Menabung Untuk Anak karena hal ini akan menciptakan kebiasaan baik anak dalam mengatur keuangannya. Menabung dapat dilakukan oleh setiap orang.

Teaching-kids-how-to-save-money

Membiasakan anak untuk mengerti nilai uang dan kiat menyimpan uang, sebaiknya dilakukan sejak balita. Memiliki tabungan sendiri merupakan  cara paling jitu memperkenalkan uang pada anak dan mengajari bagaimana cara menyimpan uangnya. Ada dua cara menabung, celengan di rumah dan di bank. Kedua cara ini baik dilakukan sekaligus.

Celengan dipakai untuk menabung uang receh. Sedangkan tabungan di bank untuk uang dalam jumlah lebih besar. Misalnya, menabung uang hadiah menang lomba foto balita sehat atau ketika mendapat hadiah uang saat berulang tahun.


Baca juga:


Setelah celengan penuh, Anda dapat menghitung bersamanya. Ajak si 5 tahun ke bank untuk memasukkan uang dari celengannya ke dalam tabungan bank.  Dengan demikian, anak belajar cara-cara menabung sejak dini.

Sebagai contoh menghitung tabungan anak: Misalkan si anak mempunyai jajan Rp5.000,00 perhari, kemudian anak menyisihkan Rp1.500,00 untuk menabung dan sisanya digunakan untuk jajan. Setelah satu bulan  maka dapat dilihat tabungan anak dari sisihan jajan sebesar Rp1.500,00 x 30 hari= Rp45.000,00. Dalam setahun sebesar Rp45.000,00 x 12 bulan = Rp540.000,00. Dalam 10 tahun sebesar Rp540.000,00 x 10 tahun = 5.400.000,00. Perhitungan ini belum termasuk bunga yang ditawarkan bank yang dipilih sebagai tempat menabung.

Kebiasaan menabung ini jika ditanamkan sejak dini, anak akan terbiasa menyimpan uang yang akan berguna saat dewasa nantinya.

Tabungan atas nama anak banyak ditawarkan di Indonesia. Berikut tips memilihnya:

  1. Tabungan atas nama anak tetap mencatatkan orangtua sebagai nasabah bank tersebut. Pilihlah bank yang tidak mengharuskan Anda membuka rekening tabungan baru untuk diri Anda sendiri.
  2. Pilihlah rekening tabungan yang dilengkapi kartu ATM dan debit. Anda dapat mengajak anak mecek saldo tabungannya secara berkala.
  3. Jika ada opsi tambahan asuransi jiwa, ambil saja selama berbiaya premi gratis.

Bagaimana dengan artikel Tips Menabung Untuk Anak? Apakah cukup membantu Anda? Jika iya, silahkan laksanakan tips ini dengan bijak.

Iklan

3 tanggapan untuk “Tips Menabung Untuk Anak”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s