Syarat Guru Yang Baik Dan Berhasil


Tidak sembarang orang dapat melaksanakan tugas professional sebagai seorang guru. Untuk menjadi guru yang baik haruslah memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Syarat utama untuk menjadi seorang guru, selain berijazah dan syarat-syarat mengenai kesehatan jasmani dan rohani, ialah mempunyai sifat-sifat yang perlu untuk dapat memberikan pendidikan dan pembelajaran.

photo0880Selanjutnya, menurut Uno (2007:29) dari syarat-syarat tersebut dapat dijabarkan secara terperinci, yaitu sebagai berikut:

  1.  Guru harus berijazah

Yang dimaksud ijazah disini adalah ijazah yang dapat memberi wewenang untuk menjalankan tugas sebagai seorang guru di suatu sekolah tertentu.

2.  Guru harus sehat rohani dan jasmani

Kesehatan jasmani dan rohani merupakan salah satu syarat penting dalam setiap pekerjaan. Karena, orang tidak akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik jika diserang suatu penyakit. Sebagai seorang guru syarat tersebut merupakan syarat mutlak yang tidak dapat diabaikan. Misalnya saja seorang guru yang sedang terkena penyakit menular tertentu saja akan membahayakan bagi peserta didik.

3.  Guru harus bertakwa kepad Tuhan Yang Maha Esa dan berkelakuan baik, sesuai dengan tujuan pendidikan, yaitu membentuk manusia susila yang bertakwa kepada Tuhan YME maka sudah selayaknya guru sebagai pendidik harus dapat menjadi contoh dalam melaksanakan ibadah dan berkelakuan baik.

4.  Guru haruslah orang yang bertanggung jawab

Tugas dan tanggung jawab seorang guru sebagai pendidik, pembelajar, dan pembimbing bagi peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung yang telah dipercayakan orang tua/wali kepadanya hendaknya dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, guru juga bertanggung jawab terhadap keharmonisan perilaku masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

5.  Guru di Indonesia harus berjiwa nasional

Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa yang mempunyai bahasa dan adat-istiadat berlainan. Untuk menanamkan jiwa kebangsaan merupakan tugas utama seorang guru, karena itulah guru harus terlebih dahulu berjiwa nasional.

Syarat-syarat di atas adalah syarat utama yang berhubungan dengan jabatan sebagai seorang guru. Selain itu, menurut Uno (2007:30) ada pula syarat lain yang sangat erat hubungannya dengan tugas guru di sekolah, sebagai berikut:

  1. Harus adil dan dapat dipercaya
  2. Sabar, rela berkorban, dan menyayangi peserta didiknya.
  3. Memiliki kewibawaan dan tanggung jawab akademisnya.
  4. Bersikap baik pada rekan guru, staf di sekolah, dan masyarakat.
  5. Harus memiliki wawasan pengetahuan yang luas dan menguasai benar mata pelajaran yang dibinanya.
  6. Harus selalu intropeksi diri dan siap menerima kritik dari siapapun.
  7. Harus berupaya meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebagai kesimpulan, Uno (2007:30) menyimpulkan bahwa keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pengajar sangat tergantung pada diri pribadi masing-masing guru dalam lingkungan tempat ia bertugas.

Sumber:

Uno, H. Hamzah B. 2007. PROFESI KEPENDIDIKAN : Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s