Perbedaan Matematika Dan Matematis


Matematika dan matematis merupakan dua kata yang berbeda. Perbedaan ini belum banyak diketahui oleh orang. Secara umum, biasanya kedua kata ini diartikan satu hal yang sama yaitu matematia itu sendiri. Namun, itu salah besar karena kedua kata tersebut mempunyai arti yang berbeda. Apakah perbedaannya? Ayo kita telusuri Perbedaan Matematika Dan Matematis.

Matematika-&-Matematis1.  Matematika

Secara etomoligi, kata “matematika” berasal dari bahasa Yunani Kuno μάθημα (máthēma), yang berarti pengkajian, pembelajaran, ilmu yang ruang lingkupnya menyempit, dan arti teknisnya menjadi “pengkajian matematika”, bahkan demikian juga pada zaman kuno. Kata sifatnya adalah μαθηματικός (mathēmatikós), berkaitan dengan pengkajian, atau tekun belajar, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, μαθηματικὴ τέχνη (mathēmatikḗ tékhnē), di dalam bahasa Latin ars mathematica, berarti seni matematika.

Bentuk jamak sering dipakai di dalam bahasa Inggris, seperti juga di dalam bahasa Perancis les mathématiques (dan jarang digunakan sebagai turunan bentuk tunggal la mathématique), merujuk pada bentuk jamak bahasa Latin yang cenderung netral mathematica (Cicero), berdasarkan bentuk jamak bahasa Yunani τα μαθηματικά (ta mathēmatiká), yang dipakai Aristoteles, yang terjemahan kasarnya berarti “segala hal yang matematis”. Tetapi, di dalam bahasa Inggris, kata benda mathematics mengambil bentuk tunggal bila dipakai sebagai kata kerja. Di dalam ragam percakapan, matematika kerap kali disingkat sebagai math di Amerika Utara dan maths di tempat lain.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan online, kata matematika mempunyai arti ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yg digunakan dl penyelesaian masalah mengenai bilangan.

2.  Matematis

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan online, kata matematis mempunyai arti bersangkutan dengan matematika; bersifat matematika; sangat pasti dan tepat.

Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa matematika dan matematis merupakan dua kata yang berbeda. Jadi, jangan salah lagi dalam mengartikan kedua kata tersebut.

Sumber:

http://kbbi.web.id/matematis

http://kbbi.web.id/matematika

https://id.wikipedia.org/wiki/Matematika

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s